Pengembangan Organisasi Keperawatan

PENGEMBANGAN ORGANISASI KEPERAWATAN

 

Organisasi keperawatan memiliki proses politik yang mirip dengan yang ditemukan di dalam lembaga-lembaga pemerintah.

  • Apa peran organisasi dan bagaimana seharusnya sumber daya dihabiskan?
  • Dimana otoritas untuk pengambilan keputusan?
  •  Bagaimana anggota individu mempengaruhi pengambilan keputusan?
  •  Apa peran individu sebagai perawat dalam organisasi?

Pertanyaan-pertanyaan ini sering muncul dalam suatu organisasi yang berkembang.

 Ketika pertama kali belajar tentang jumlah besar keperawatan dan keperawatan yang berhubungan dengan organisasi, mungkin tampak membingungkan  dan tujuan dan fungsinya mungkin tampak duplikasi. Memahami usul organisasi keperawatan dapat membantu untuk memahami  fokus dan kegiatan dalam organisasi.

Perubahan paling efektif yang dicapai melalui organisasi, terjadi pada akhir abad ke-19. Pionir keperawatan melihat perubahan ini sebagai kesempatan untuk membawa transformasi dalam praktek keperawatan dan pendidikan keperawatan kemudian dimulailah pembentukan organisasi keperawatan.

  1. Organisasi Keperawatan di Inggris

Di Inggris, pembentukan organisasi keperawatan didorong oleh energy Mrs Bedford Fenwick (Ethel Gordon Manson), seorang pemimpin terkemuka yang pada tahun 1887 berkampanye untuk pendaftaran perawat. Dia percaya bahwa standarlah yang diperlukan untuk meningkatkan keperawatan. Meskipun ide-idenya untuk pendaftaran perawat tidak diterima dengan baik, ia mendirikan British Nurses ‘Association pada tahun 1888. Asosiasi ini tumbuh pesat hingga 1.000 anggota pada akhir tahun pertama. Asosiasi ini kemudian menjadi Asosiasi Royal British Nurses.

2. Pengawas untuk Sekolah Pelatihan Perawat Amerika

Pada tahun 1893, Pameran Dunia Columbus diadakan di Chicago untuk merayakan
400 ulang tahun kedatangan Columbus di Amerika Serikat. Pameran ini menyediakan tempat pertemuan untuk profesi dan pengrajin. Karena itu, pertemuan pertama kali para perawat diadakan di Aula Colombus pada tanggal 15-17 Juni 1893. Pertemuan ini sebagai bagian dari Kongres Internasional Charities, koreksi, dan Filantropi. Pertemuan keperawatan dipimpin oleh Isabel Hampton dan dihadiri oleh perawat Amerika dan Kanada. Peserta termasuk orang seperti Lavinia Dock-suffragist, perawat aktivis, sejarawan, dan pendidik (yang membahas tentang hubungan pelatihan sekolah dan rumah sakit).

Sebuah alamat yang dikirim oleh Florence Nightingale telah disampaikan kepada kelompok. Makalah-makalah yang disajikan kemudian disusun secara tersistem dan kemudian dipublikasikan sebagai “Keperawatan Orang Sakit”, pada tahun 1893.

Setelah pertemuan itu, Isabel Hampton mengatur pertemuan sekelompok kecil pemimpin untuk membahas kemungkinan memulai sebuah organisasi keperawatan. Pertemuan ini menghasilkan pembentukan pengawas  sekolah pelatihan untuk perawat pada tahun 1896, dinamakan demikian karena sebagian besar peserta adalah direktur sekolah keperawatan dan keanggotaan itu terbatas pada orang-orang perawat yang berhubungan dengan pelatihan perawat. Kepedulian terhadap standar keperawatan pendidikan dasar, dan sebuah komite untuk mempelajari pendidikan keperawatan dengan cepat diangkat.

Pada tahun 1907, para anggota Kanada membentuk organisasi mereka sendiri, yaitu
pengawas sekolah pelatihan untuk perawat Kanada. Sedangkan, organisasi Amerika mengganti nama mereka pada tahun  1952 ketika penggabungan enam organisasi menjadi satu.

ü  Enam Organisasi yang Bergabung Menjadi Satu

  • Organisasi Nasional untuk Publik Kesehatan Keperawatan
  • Asosiasi Kolega Sekolah Keperawatan
  • Bersama Perawat Praktis dan Pekerja Bantu dalam Pelayanan Keperawatan
  • Komite Bersama Karir di Keperawatan
  • Komite Nasional untuk Peningkatan Pelayanan Keperawatan
  • Layanan Akreditasi keperawatan Nasional.

 3. Asosiasi Alumni Perawat Amerika dan Kanada

Karena jumlah perawat meningkat di seluruh Amerika Serikat kemudian rumah sakit membentuk individu kelompok alumni, kebutuhan meningkat untuk organisasi perawat terlatih. Pada pertemuan ketiga pengawas Sekolah Pelatihan untuk perawat Amerika dan Kanada, maka pada tahun 1896, komite menyiapkan konstitusi dan peraturan untuk sebuah organisasi dengan delegasi yang mewakili alumni dari berbagai asosiasi.

Presiden pertama adalah Isabel Hampton Robb. Asosiasi ini mempunyai tiga tujuan, yaitu:

  1. Untuk membangun dan mempertahankan kode etik.
  2. Untuk meningkatkan standar pendidikan keperawatan.
  3. Untuk mempromosikan kegunaan dan kehormatan, kepentingan keuangan dan lainnya dari profesi keperawatan.

Ditentukan  bahwa New York hukum tidak akan mengizinkan keanggotaan asing dimasukkan dalam asosiasi, kata-kata “dan Kanada” dikeluarkan dari judul organisasi pada tahun 1901, dan Partisipasi Kanada dilarang.

Kemudian, pada tahun 1911, nama organisasi di negara Amerika diubah menjadi ANA (American Nursing Assosiation).

Sedangkan untuk Kanada, mereka membentuk Organisasi Sementara Asosiasi Nasional Perawat terlatih Kanada yang dibentuk pada tahun 1908 yang kemuadian pada akhirnya berganti nama menjadi Asosiasi Perawat Kanada ditahun 1924.

Asosiasi  ini juga memiliki keprihatinan utama pendidikan mahasiswa keperawatan, peningkatan keperawatan perawatan, perbaikan kondisi bagi perawat, dan pendaftaran perawat negara untuk melindungi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: